Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Diduga 52 Jemaah Haji Klaten 2012 Memakai KTP Palsu

Diduga 52 Jemaah Haji Klaten 2012 Memakai KTP Palsu

(49 Views) November 2, 2012 6:25 am | Published by | No comment

sumber gambar: majamojokerto.com

Kabar kurang sedap berhembus dari jemaah haji asal Klaten dari kloter 11. Diduga 52 jemaah haji 2012 asal kloter 11 Klaten tersebut menggunakan KTP aspal (asli tapi palsu) untuk berangkat menunaikan ibadah haji. Seperti diketahui, Klaten mengirimkan 4 kloter yaitu 10, 11, 12 dan 13.

Seperti yang diketahui, Klaten tahun ini mengirimkan 4 kloter dengan total jemaah calon haji berjumlah 1140 orang yang diberangkatkan ke tanah suci 23-24 September 2012. Dan kloter 11 diduga banyak yang menggunakan KTP aspal. Menurut Ketua IPHI Karang Anom, Kusdiyono, pada Rabu (31/10/2012) mengatakan sebanyak 52 jemaah haji yang terindikasi memakai KTP aspal berasal dari Kecamatan Trucuk, Pedan, Karanganom dan Tulung.

Persoalan ini dibahas lebih lanjut dalam rapat Panitia Penjemputan Jemaah Haji Klaten. Dalam rapat ini juga dihadiri oleh Sunarto (Anggota DPRD Klaten), Hartoyo (Ketua MUI Klaten), M Yusuf (Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh) serta perwakilan dari IPHI. Untuk kepulangan para jemaah haji Klaten direncanakan tiba di Donohudan 3-4 November nanti.
Lebih lanjut Kusdiyono menjelaskan dari 52 jemaah tersebut, 19 orang ber-KTP aspal dari Kecamatan Tulung, 15 orang dari Kecamatan Karanganom dan 9 orang dari Pedan dan Trucuk. Temuan ini diketahui sebelum para jemaah calon haji berangkat atau manasik terakhir. Ketika diberi undangan manasik, jemaah ber-KTP aspal ini tidak pernah hadir.

Sedangkan Sunarto (Anggota DPRD Klaten) mensinyalir mereka yang menggunakan KTP aspal kemungkinan besar bukan penduduk Klaten asli alias berasal dari luar. Mereka pindah penduduk tanpa mengurus KTP resmi di Klaten. Dari temuan-temuan tersebut, setelah ditelusuri IPHI masing-masing kecamatan ternyata juga tidak mengenal para jemaah bodong ini.

Oleh karena itu Kemendag mengimbau kepada Ketua Rt, Rw dan Pemerintah Desa setempat untuk lebih berhati-hati dalam melayani permintaan KTP dari warga yang tidak dikenal guna mencegah jemaah haji bodong pada tahun haji mendatang.

Oleh: Agus Winarso

 

Tags:

ktp palsu ktp klaten ##########################

Tags: , , ,
Categorised in: ,

No comment for Diduga 52 Jemaah Haji Klaten 2012 Memakai KTP Palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *