Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Jelang UN & UASBN, Disdik jamin soal tak bocor

Jelang UN & UASBN, Disdik jamin soal tak bocor

(0 Views) March 20, 2010 6:18 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Klaten menjamin tidak akan ada kebocoran soal menjelang digelarnya Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN).

Ketua Panitia UN dan UASBN Klaten, Drs Budiyanto MPd saat ditemui Espos seusai menggelar rapat koordinasi persiapan UN dan UASBN di aula kantornya, pekan lalu, mengatakan, UN untuk SMA dan sederajat akan digelar Senin hingga Kamis (22-25/3) pekan depan, UN SMP dan sederajat akan digelar Senin (29/3) hingga Kamis (1/4) berikutnya. Sedangkan UASBN untuk SD dan sederajat akan digelar Selasa hingga Kamis (4-6/5), awal bulan depan.

Disdik menurutnya, menjamin pelaksanaan UN dan UASBN mendatang tidak akan terjadi kebocoran soal. “Kami sudah melibatkan banyak pihak dalam pengawasan pendistribusian soal. Jadi, kebocoran soal tidak akan terjadi,” tegas Budiyanto.

Dikawal polisi

Dia menjelaskan, proses distribusi soal dari Dinas Pendidikan Jateng hingga ke masing-masing sekolah berada di bawah pengawasan yang ketat. Dia mengatakan, lokasi pada malam hari, sebelum sampai kepada masing-masing sekolah, soal terlebih dulu akan dimasukkan ke Posko UN yang tersebar di 31 lokasi. Selama berada di Posko itu, soal menurutnya, akan diawasi polisi.

Pada pagi harinya, soal itu akan didistribusikan ke masing-masing sekolah. Selama di sekolah itulah, kata Budiyanto, pengawasan soal berada di bawah tim pemantau independen (TPI). Dengan sistem pengawasan dalam pendistribusi soal itu, pihaknya menjamin tidak akan ada kebocoran soal. “Ada 27 personel yang tergabung dalam TPI sesuai dengan jumlah sekolah. Mereka akan siaga sebelum soal sampai ke sekolah,” papar Budiyanto.

Lebih lanjut Budiyanto mengungkapkan, UN untuk SMA dan sekolah sederajat akan diikuti 441 siswa, UN untuk SMP dan sederajat diikuti 17.866 siswa, sementara UASBN untuk SD dan sederajat akan diikuti 17.471 siswa. – Oleh : mkd

Disalin dari: Edisi : Sabtu, 20 Maret 2010 , Hal.VII


Categorised in: ,

No comment for Jelang UN & UASBN, Disdik jamin soal tak bocor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *