Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Jelang Sensus Penduduk 2010, BPS butuhkan 2.497 pencacah

Jelang Sensus Penduduk 2010, BPS butuhkan 2.497 pencacah

(0 Views) February 22, 2010 5:23 am | Published by | 2 Comments

Klaten (Espos) Badan Pusat Statistik (BPS) Klaten merekrut 2.497 pencacah untuk melaksanakan Sensus Penduduk (SP) 2010. Sementara, sosialisasi pelaksanaan pencacahan yang berlangsung 1-31 Mei mendatang gencar dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan di lapangan.

Kepala BPS Klaten, Tejo Haryoko, saat dijumpai di kantornya, Kamis (18/2), mengungkapkan, sensus bertujuan menghitung jumlah penduduk serta mengumpulkan informasi dasar kependudukan dan perumahan. “Sensus penduduk diselenggarakan setiap 10 tahun sekali untuk memutakhirkan data kependudukan.”

Menurutnya, teknis pencacahan nantinya akan ada petugas pencacah mendatangi rumah warga untuk menanyakan beberapa poin keterangan mengenai individu, rumah tangga serta kondisi dan fasilitas bangunan tempat tinggal yang disensus. Sehingga untuk mempermudah pendataan, warga diminta menyiapkan KK dan KTP.

Ditambahkan Kasi Statistik BPS, Efiyanti Puspitorini, sebanyak 2.497 warga telah direkrut sebagai petugas pencacah, koordinator tim dan koordinator lapangan. Pelatihan bagi para petugas sensus itu diagendakan 28 Maret-17 April 2010 dalam tujuh gelombang. “Petugas sensus berasal dari berbagai elemen masyarakat,” ujar dia.

Perangkat desa

Menurutnya, selain merekrut masyarakat umum, petugas sensus juga ada yang berasal dari kalangan perangkat desa, PKK, ketua RT/RW dan sebagainya dengan syarat pendidikan minimal SMA dan tulisan tangannya tegak dan jelas. Dikatakan Efi, petugas dibagi dalam tim-tim yang berkewajiban menangani 6-9 blok/tim.

Dia menguraikan, wilayah Klaten yang mencakup 26 kecamatan dibagi dalam 3.660 blok sensus. Efi menjelaskan, konsep yang dipakai dalam pencacahan mengacu pada konsep United Nations, yakni mencacah mereka yang tinggal enam bulan atau lebih, atau tinggal kurang dari enam bulan tapi berniat menetap di lokasi itu.

Lebih lanjut, Efi mengatakan, sosialisasi SP 2010 gencar dilakukan melalui berbagai media, seperti siaran di radio, pemasangan spanduk, penyebaran leaflet serta tatap muka langsung dengan masyarakat. “Baru-baru ini sosialisasi menyasar para bidan desa. Selain itu, kami menggandeng pemerintah kecamatan dan desa.” – Oleh : rei

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Sabtu, 20 Februari 2010 , Hal.VII


Tags:
Categorised in: ,

2 Comments for Jelang Sensus Penduduk 2010, BPS butuhkan 2.497 pencacah

  • sokadhana says:

    saya mau mencari data kecamatan, desa sapai RW dan RT.. untuk mendapatkannya dmn ya? klo download dmn alamtnya..matur nuwun

  • ilmi says:

    saya mau mencari data kependudukan kabupaten klaten, dowlodnya lwt apa ya?? Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *