Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Jalur kirab Yaqowiyu tahun ini diperpanjang

Jalur kirab Yaqowiyu tahun ini diperpanjang

(40 Views) January 20, 2010 6:54 am | Published by | No comment

Jatinom (Espos) Jalur kirab upacara adat Yaqowiyu di Kecamatan Jatinom, Klaten yang akan digelar Kamis-Jumat (21-29/1) mendatang, bakal diubah menjadi lebih panjang.

Jika sebelumnya, kirab melintasi Balai Kelurahan Jatinom, maka pada tahun ini, kirap melintasi jalan protokol setempat. Demikian diungkapkan Camat Jatinom, Jaka Purwanta yang didampingi Sekretaris Camat Jatinom, Anang Widjatmoko, saat ditemui Espos di kantor pemerintah kecamatan setempat, Selasa (19/1).
Dipaparkan mereka, jalur kirab biasanya diawali dari Kantor Pemerintah Kecamatan Jatinom, melintasi Balai Kelurahan Jatinom, Masjid Alit, Masjid Gede dan berakhir di Makam Ki Ageng Gribig. Akan tetapi, pada perayaan Yaqowiyu tahun ini, jalur yang dilalui sedikit lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya.
Kirab tetap diawali dari kantor pemerintah kecamatan setempat, namun selanjutnya menyusuri jalan protokol, melintasi Masjid Alit, Masjid Gede lalu berakhir di Makam Ki Ageng Gribig. “Perubahan jalur kirab itu atas permintaan masyarakat. Mereka menghendaki jalur yang dilalui lebih lebar dan panjang agar lebih nyaman bagi pengunjung yang datang,” paparnya.
Jaka mengatakan, pihaknya menargetkan jumlah pengunjung bisa mencapai lebih dari 15.000. Jumlah ini sama dengan dengan pengunjung yang hadir pada perayaan Ya-Qowiyyu tahun lalu. Dia menjelaskan, pelaksanaan upacara kirab akan dijadwalkan pada Kamis (21/1) dan Kamis (28/1) berikutnya. Sementara upacara sebaran apem akan dilaksanakan pada Jumat (29/1). Penyebaran apem akan dipimpin langsung oleh Bupati Klaten, Sunarna. Dalam hal ini, pihaknya akan meminta bantuan aparat kepolisian berjumlah 100 personel untuk berjaga-jaga dalam upacara penyebaran apem tersebut. Selain aparat polisi, dia juga akan mengerahkan puluhan personel Linmas untuk membantu. Pada saat upacara sebaran apem inilah, pihaknya meminta pengunjung mewaspadi aksi copet yang seringkali marak.
Anang menimpali, sepanjang perhelatan akbar itu digelar hampir selalu diwarnai aksi pencopetan. Menurutnya, jumlah pengunjung yang mencapai belasan ribu itu membuat aparat keamanan yang bertugas kesulitan dalam memantau situasi. “Pengunjung harus waspada jika tidak ingin menjadi korban pencopetan. Pengunjung harus menjaga agar barang-barang bawaannya tidak hilang meskipun kami sudah mengerahkan ratusan petugas keamanan di lokasi,” papar Anang. – Oleh : m82

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Rabu, 20 Januari 2010 , Hal.VII



Tags:
Categorised in: ,

No comment for Jalur kirab Yaqowiyu tahun ini diperpanjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *