Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Jalan Poros Desa Kadilaju Selesai Dibangun Dengan Dana PNPM-MP Pasca Bencana

Jalan Poros Desa Kadilaju Selesai Dibangun Dengan Dana PNPM-MP Pasca Bencana

(56 Views) November 15, 2012 7:01 am | Published by | No comment

Kadilaju - Karangnongko

Karangnongko – Kepala Desa Kadilaju, kecamatan Karangnongko Suradi mengatakan bahwa Kadilaju pada tahun 2012 memperoleh dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP)  pasca bencana erupsi Merapi. Erupsi Merapi berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, diantaranya aspek ekonomi yang diwarnai dengan menurunnya pendapatan berusaha mereka.

Salah satu kegiatan PNPM-MP yang telah selesai dilaksanakan pada Oktober 2012 adalah rabat beton pada jalan poros desa di padukuhan Kadilaju. Rabat beton dilaksanakan pada jalan sepanjang 150 meter, lebar 3 meter dengan ketebalan 0,10 m. Jalan yang berada disisi barat padukuhan Kadilaju menghubungkan Sentul – pasar Kembang, merupakan jalan alternative bagi masyarakat wilayah selatan yang ingin ke Pasar atau wilayah utara yang ingin ke sawah atau sumber air Brondong, Sentul, Dadap dan Wuni. Dengan telah selesainya rabat beton jalan poros desa ini masyarakat kadilaju dan pengguna jalan merasa senang karena membuat perjalanannya lancar dan nyaman serta menunjang aktifitas perekonomian mereka.

Kepala Desa, Suradi yang berperan sebagai pembina dan pengendali kelancaran serta keberhasilan pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan di desa, juga menjelaskan bahwa untuk pembanguan rabat beton ini memanfaatkan dana sebesar Rp 44.373.000,00 (empat puluh empat juta tiga ratus tujuh puluh tiga ribu rupiah). Sumber dana tersebut dapat dirinci Rp 38.823.000,00 dari PNPM-MP dan Rp 5.550.000,00 swadaya masyarakat. Disamping kegiatan rabat beton, masih ada kegiatan lain dari sumber dana yang sama yakni pembangunan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di padukuhan Karangeri, yang kini dalam proses pengerjaan.

Pembangunan rabat beton pada jalan poros desa ini dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yakni  Sami ketua, sekretaris Siswadi dan Sutarno bendahara, dengan melibatkan partisipasi serta swadaya masyarakat setempat.

Oleh : Kiswanto

Tags:

karangnongko karangnongko klaten ######################

Tags:
Categorised in: ,

No comment for Jalan Poros Desa Kadilaju Selesai Dibangun Dengan Dana PNPM-MP Pasca Bencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *