Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » Jalan Jambangan-Kemplang, Jogonalan Dibagun Masyarakat Gembira

Jalan Jambangan-Kemplang, Jogonalan Dibagun Masyarakat Gembira

(107 Views) December 9, 2012 5:28 pm | Published by | No comment

Jalan-Jambangan-Kemplang-Jogonalan

Jogonalan  –   Masyarakat desa Tambakan, kecamatan Jogonalan  sekarang merasa lega setelah jalan sepanjang kurang lebih 2,5 km, lebar 3,5 meter  yang membelah wilayahnya diperbaiki  oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU)  kabupaten Klaten. Sejumlah warga sebelumnya sempat kesal karena jalan antara padukuhan Jambangan  hingga Kemplang, perbatasan dengan desa Kadilaju itu rusak parah. Ungkapan tersebut dituturkan Suwarno seorang  warga, yang juga staf pemdes Tambakan, dengan nada  mempertanyakan mengapa pemerintah kabupaten Klaten seolah tidak merespon usulan dan keluhan masyarakatnya. Padahal warga mengaku taat membayar pajak  baik PBB maupun pajak kendaraan bermotor.

Empat tahun bukan waktu sebentar, jalan yang menghubungkan TegalMas, Prawatan, Jogonalan  dengan kecamatan Kemalang  dibiarkan dengan lubang-lubang menganga dan aspal terkelupas habis, sementara sisi utara dan selatannya telah beraspal mulus. Rusaknya jalan tersebut sering mengakibatkan terjadi kecelakaan lebih-lebih jika malam hari atau waktu hujan lubang tidak terlihat jelas karena tergenang air. Disamping itu pengguna jalan merasa tidak nyaman dan kendaraannya cepat rusak, sehingga rela berputar-putar mencari jalan alternatif jika akan beraktifitas.

Kegiatan ini  dalam dokumen dikemas  dengan nama pembangunan jalan Prawatan – Borangan. Pengguna Anggaran adalah Dinas Pekerjaan Umum  kabupaten Klaten, dengan pelaksana kegiatan/pekerjaan CV Rahmad, yang beralamat di Gumulan RT 03 RW 01, Gumulan, Klaten Tengah, Klaten. Perikatan kerjasama antara DPU dengan CV Rahmad  ini tertuang dalam Surat Perjanjian Kerjasama atau kontrak kerja nomor 602.1/2414/17, tanggal 16 Oktober 2012. Pembangunan jalan ini menghabiskan dana Rp 1.882.356.000,00 (Satu milyar delapan ratus delapan puluh dua juta tiga ratus lima puluh enam ribu rupiah), bersumber dari  APBD  dan APBD Perubahan kabupaten Klaten tahun anggaran 2012, dengan waktu pengerjaan selama 60 hari kalender ( 17 Oktober  – 16 Desember 2012).

Tanggapan dan harapan para pengguna jalan penunjang kelancaran roda perekonomian itu setelah diperbaiki, seperti disampaikan Triyono warga padukuhan Kergan  merasa sangat senang karena  kondisi jalan telah berhotmix mulus , sehingga tidak perlu memutar cari jalan lain lagi, lebih efisien waktu dan BBM serta merasa nyaman berkendaraan. Harapannya kepada masyarakat pengguna jalan, jalan umum ini dimanfaatkan secara bijak  agar tidak cepat rusak, utamanya truk pengangkut galian C tidak melampaui kapasitas muatannya. Dan jika sudah terlihat ada kerusakan kecil segera diperbaiki tidak menunggu kalau sudah parah, agar biaya pembangunannya lebih murah.

Oleh  : Kiswanto

 

Tags:

jogonalan klaten tambakan jogonalan klaten latar belakang pembuatan kemplang

Tags:
Categorised in: , ,

No comment for Jalan Jambangan-Kemplang, Jogonalan Dibagun Masyarakat Gembira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *