Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Dugaan penyimpangan dana gempa

Dugaan penyimpangan dana gempa

(78 Views) April 29, 2009 5:57 am | Published by | 2 Comments

Warga: Dana yang dikorupsi capai ratusan juta rupiah

Ceper (Espos) – Besaran dana bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi (RR) susulan gempa bumi tahun 2006 di Desa Jambu Kidul Kecamatan Ceper, Klaten, yang diselewengkan aparat pemerintah diduga mencapai ratusan juta rupiah.

Dugaan itu diungkapkan sejumlah tokoh masyarakat Desa Jambu Kidul saat dikonfirmasi Espos, Minggu (26/4) siang. ”Untuk bantuan RR susulan termin II besaran dana yang diduga dikorupsi memang sangat besar, mencapai ratusan juta rupiah,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sendang Mangli, Ceper, KH Ali Saifuddin di kediamannya.

Dia mencontohkan, nominal bantuan RR susulan termin II yang diterima oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Perumahan (KSMP) Banjar hanya Rp 50.580.000 dari semestinya Rp 95.095.000. Padahal jumlah KSMP di Jambu Kidul mencapai 11 kelompok.

Tidak sesuainya besaran dana yang diterima KSMP dan penerima manfaat dengan yang semestinya dialokasikan bagi mereka, diduga karena adanya potongan dana yang tak jelas peruntukannya. ”Berdasar keterangan yang kami himpun, potongan dana tersebut diduga atas arahan dari Kades Jambu Kidul,” imbuhnya.

Tidak sesuainya besaran dana RR menurutnya sudah ditanyakan langsung kepada Kades Jambu Kidul dalam forum bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), ketua RT/RW dan tokoh masyarakat pada 14 September 2008. ”Saat itu Kades menguraikan, jumlah sasaran bantuan 171 keluarga dengan besaran Rp 13,174 juta. Namun saat ditanya mengapa setiap penerima manfaat hanya menerima sekitar Rp 6 juta, Kades menyatakan lantaran sudah dipotong untuk komandan ini dan komandan itu,” papar Ali.

Senada, tokoh masyarakat Jambu Kidul lain, Wahyu Wijayanto mengungkapkan, pihaknya terus mengumpulkan data-data penyaluran dana RR susulan gempa bumi 2006 guna diajukan sebagai bukti kepada Kejari terkait laporan dugaan penyimpangan bantuan. Salah satu bukti yang telah dimiliki warga yakni kertas bertuliskan rincian potongan dana RR yang diduga merupakan tulisan tangan Kades Jambu Kidul, Wiyanti. – Oleh : kur

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Selasa, 28 April 2009 , Hal.VII

Tags:

data warga desa jambu kidul ceper klaten Pondok Pesantren Sendang Mangli

Tags:
Categorised in: ,

2 Comments for Dugaan penyimpangan dana gempa

  • kangyono says:

    sungguh tak berhati nurani ni pejabat2 klaten ni (gak semuanya lo) dana yg shrdnya untk masyarakat yg memang seharusnya membutuhkan tp mlah diselewengkan oleh oknum yg tak bertanggungjwb yg sdh bergelimang harta shrsnya malu dong

  • mbah mol says:

    lha wong jadi pak boss pejabat pakai duit kok, mosok gratisan….?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *