Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PENDIDIKAN » Dinas P & K terjunkan tim pemantau DAK

Dinas P & K terjunkan tim pemantau DAK

(0 Views) January 11, 2009 10:06 pm | Published by | No comment

Klaten (Espos) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) Klaten akan memantau lokasi penerima bantuan dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) bidang pendidikan.

Kasi Kurikulum Subdin Pra Sekolah dan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) Klaten, Budiyanto, mengatakan dalam waktu dekat, tim seleksi dan pengawas untuk pengadaan komponen peningkatan mutu akan melakukan peninjauan realisasi DAK dan DAU di sejumlah SD penerima bantuan tersebut.

Tim tersebut terdiri atas berbagai unsur terkait, seperti Subdin Pra Sekolah dan SD Dinas P & K Klaten, Cabang Dinas P & K dari masing-masing kecamatan, Badan Perencanaan Daerah (Bapeda), kepala sekolah terkait, serta Bagian Pembangunan Pemkab Klaten.
”Tim pengawas akan melakukan tinjauan. Di luar itu, secara khusus, kami juga rutin mengadakan pantauan dan pengawasan,” jelas Budiyanto, saat ditemui Espos, Rabu (7/1), di tempat kerjanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan jika dalam penilaian tim pengawas ditemukan pelaksanaan yang tidak selaras dengan rambu-rambu yang berlaku, maka berdasarkan SE Direktur Pembinaan TK dan SD Nomor 175/C2/OT/08, akan ada upaya tindak lanjut.
”Misalnya rekanan yang ditunjuk ternyata tidak memenuhi persyaratan mutu barang yang ditentukan maka wajib menukar sesuai dengan spesifikasi yang ada dalam peraturan tersebut,” tegasnya.

Menurut Budiyanto, alokasi dan realisasi petunjuk penyaluran dan penggunaan bantuan pendidikan tersebut telah diatur sedetail mungkin dari pusat. Sehingga, pihak penerima bantuan maupun Dinas P & K tidak bisa menggunakan dana bantuan senilai Rp 250 juta per SD tersebut dengan seenaknya.
”Dinas P & K hanya berfungsi sebagai pengawas, karena mulai dari tender pengadaan barang dan sebagainya, ditentukan masing-masing SD dengan swakelola. Kami hanya menunjukkan rambu-rambunya,” jelas dia. – Oleh : m74

Sumber: SOLOPOS/090109

Categorised in:

No comment for Dinas P & K terjunkan tim pemantau DAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *