Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Delapan SD di Klaten akan dihapus

Delapan SD di Klaten akan dihapus

(70 Views) May 13, 2009 10:16 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) – Sebanyak delapan sekolah dasar (SD) yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Klaten akan dihapus. Selain delapan SD tersebut, satu buah kamar mayat yang berada di RSUD Tegalyoso juga akan dihapuskan dari daftar inventaris daerah.

Ketua Pansus Penghapusan Gedung dari Daftar Inventaris Milik Pemkab Klaten Tahun Anggaran 2008 DPRD Klaten, Setyawan DS HS SH MH, mengatakan ada dasar hukum yang jelas yang dipakai untuk penghapusan kedelapan gedung SD tersebut. Beberapa dasar hukum yang disebutkan Setyawan antara lain, PP No 6/2006 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, Permendagri No 17/2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Perbup No 40/2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Daerah.

“Selain ada dasar hukum yang jelas, penghapusan gedung SD itu dilakukan karena melihat kondisi riil yang ada. Bangunan sudah tidak dimanfaatkan dan ada kerusakan-kerusakan akibat gempa dan sebab lain serta di antara sekolah itu sudah regrouping dengan sekolah yang ada di sekitarnya karena jumlah murid secara paralel kurang dari 80 murid,” terang Setyawan, akhir pekan lalu.

Menurut Setyawan, sebenarnya ada 10 SD yang akan dihapus, namun dua gedung sekolah di antara 10 SD itu sudah dibangun kembali. Dia menambahkan, gedung kamar mayat yang berada di RSUD Tegalyoso juga akan dihapus dari daftar inventaris Pemkab Klaten. Dijelaskan Setyawan, pihak RSUD Tegalyoso sudah membuat kamar mayat sendiri dan rencananya bekas kamar mayat yang bangunannya milik Pemkab Klaten akan dimanfaatkan untuk kepentingan lain.

Terpisah, anggota Pansus, M Agung S SE menuturkan, rencananya Pansus yang akan membahas soal penghapusan gedung SD dan kamar mayat itu setelah melakukan studi banding ke Jakarta, Kamis (14/5) hingga Sabtu (16/5). Baik Setyawan maupun Agung mengemukakan, studi banding itu dilakukan juga dalam rangka agar dalam penghapusan gedung SD dan kamar mayat itu tidak ada salah kebijakan. “Kami ingin mendapatkan referensi sebanyak-banyaknya agar dalam penghapusan gedung SD dan kamar mayat itu bener dan pener. Rencananya, kami akan konsultasi ke Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri,” imbuh Setyawan.

Agung sendiri menuturkan, rencana penetapan penghapusan Gedung SD dan Kamar Mayat itu akan disampaikan pada rapat paripurna Senin (25/5) mendatang. Pada kesempatan itu, Setyawan juga mengemukakan perihal gedung yang akan dilelangkan itu memiliki nilai akhir sekitar Rp 904.278.688 dan masuk ke kas daerah.

Delapan SD yang akan dihapus

1. SD Karanganom II di Karanganom, Klaten Utara
2. SD Palar I di Palar, Trucuk
3. SD Sentono II di Sentono, Karangdowo
4. SD Tambak I di Tambak, Karangdowo
5. SD Gunung Gajah III di Gunung Gajah, Bayat
6. SD Rejoso III di Rejoso, Jogonalan
7. SD Joton II di Joton, Jogonalan
8. SD Beji I di Beji, Tulung

Sumber: Pansus Penghapusan
Gedung dari Daftar Inventaris Milik Pemkab Klaten. – Oleh : nad

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Selasa, 12 Mei 2009 , Hal.VII

Tags:

Data BLT mei 2016 klaten bantuan apbn tahun 2016 ds jaten klaten sd 3 tegalyoso klaten

Categorised in: ,

No comment for Delapan SD di Klaten akan dihapus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *