Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Dari lokasi tes tulis seleksi CPNS, Pusing tapi tetap optimistis…

Dari lokasi tes tulis seleksi CPNS, Pusing tapi tetap optimistis…

(70 Views) December 7, 2009 7:08 am | Published by | No comment

Seiring semakin meningkatnya standar pengupahan pegawai negeri sipil (PNS) sejak masa pemerintahan Presiden KH Abdurrahman Wahid, kini penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) memang seperti event tahunan yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para fresh graduate.

Itu pasalnya, tes tulis seleksi penerimaan CPNS, Minggu (6/12) kemarin, menjadi momentum istimewa bagi mereka yang mendamba status abdi negara itu.
Berdasarkan pantauan Espos di SMP Muhammadiyah 1 Klaten yang menjadi salah satu lokasi tes tulis itu, panitia memberikan waktu selama 120 menit kepada peserta untuk mengerjakan 100 soal pilihan ganda. Berbagai ekspresi ditampilkan para peserta ujian saat menghadapi lembaran soal itu di depan hidung mereka.
Ada yang serius melototi soal tanpa menoleh sedikitpun, ada pula yang langsung mengernyitkan dahi setelah membaca. Ada yang terlihat gelisah hingga seringkali menoleh ke sana ke mari, ada yang terdiam sambil memainkan pensilnya dengan jari-jarinya. Bahkan ada yang pula yang berkali menggaruk-garuk kepala lantaran dibuat pusing dengan soal-soal tersebut.
Mita Kurniawati, salah seorang peserta mengaku dibuat pusing saat mengerjakan soal-soal dalam ujian CPNS tersebut. Saat ditanya, berapa soal yang mampu dikerjakannya, Mita mengaku bingung menjawabnya. “Berapa ya? Mungkin 50:50 lah,” jawab dia.
Mita merupakan satu dari ribuan orang yang ingin berebut 418 posisi dalam formasi CPNS Klaten di tahun ini. Wanita asal Trucuk ini mengaku berkeinginan mengisi lowongan sebagai penyuluh kesehatan masyarakat. Menurut informasi yang diperolehnya, jumlah formasi yang diperebutkan sebanyak empat posisi. Sementara jumlah peserta yang mendaftar mencapai 54 orang.
Kendati mengaku hanya yakin atas jawaban terhadap 50% soal, Mita mengaku masih optimistis bisa diterima mengisi posisi tersebut. “Ujian sudah dilakukan, yang harus dilakukan sekarang adalah berdoa,” tutur Mita.
Atikah, salah seorang peserta lain, tampak sumringah setelah keluar dari tempat ujian. Warga asal Jatinom ini mengaku bisa mengerjakan 80% soal dalam tes tulis itu. Menurutnya, dari 100 soal, sebagian besar meminta pendapat peserta ujian. Sebenarnya Atikah lebih menyukai jenis soal hitungan dari pada dimintai pendapat. – Oleh : Moh Khodiq Duhri

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Senin, 07 Desember 2009 , Hal.VII



Tags:
Categorised in: ,

No comment for Dari lokasi tes tulis seleksi CPNS, Pusing tapi tetap optimistis…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *