Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » Cendera mata khas diserbu pemudik, Pedagang bebek bambu pun panen…

Cendera mata khas diserbu pemudik, Pedagang bebek bambu pun panen…

(0 Views) September 25, 2009 4:43 pm | Published by | No comment

Aneka kerajinan tangan yang dipajang di tepian Jl Yogya-Solo, tepatnya di wilayah Jambu Kulon Kecamatan Ceper, Klaten, seperti menebar daya tarik kepada pelintas jalur jalan negara itu, utamanya yang tengah melakukan perjalanan lintaskota.

Tak sedikit dari mereka —yang sebagaian besar ditengarai sebagai pemudi— berhenti lalu terlibat transaksi dengan para pedagangnya.
Salah satunya adalah seorang pemudik dari Jakarta, Ny Yusdianto, 35. Perempuan yang tengah melakukan perjalanan balik ke Jakarta, Rabu (23/9) itu menyempatkan singgah di sebuah tempat penjualan kerajinan tangan dari bambu di Jambu Kulon. Perempuan itu tampak mondar-mandir memilih hiasan bebek yang ingin hendak dibelinya. “Saya senang dengan kerajinan bebek ini,” akunya.
Pembeli lain, Dalyanto, 30, juga tak kalah aktif mencari bebek-bebek yang menurut dia akan dibawanya ke Bantul, Yogyakarta. “Mumpung ada kesempatan, saya iseng-iseng membeli bebek ini untuk dibawa ke rumah,” kata Dalyanto.

Para pedagang kerajinan bambu di tepi jalan itu tak hanya menawarkan hiasan berbentuk bebek, ada juga yang serupa burung bangau, kuda dan kentongan. Motifnya pun bermacam-macam, ada yang polos, telah divernis ataupun dibatik. Namun sebagian besar pembeli mencari karya kerajinan berbentuk bebek yang dijual mulai Rp 5.000 hingga Rp 35.000 per biji.
Salah seorang pedagang, Marinem, 45, mengakui adanya peningkatan penjualan pada masa-masa mudik Lebaran ini. Ibu satu anak itu menuturkan, pada hari-hari biasa, belum tentu ada pembeli karena pernah dalam satu hari tidak menjual satu pun barang dagangan. “Beberapa hari ini memang ada peningkatan. Sebentar-sebentar ada yang beli,” kata Marinem.
Rupanya, masa mudik Lebaran adalah masa panen bagi para pedagang bebek bambu itu. – Oleh : Nadhiroh

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Kamis, 24 September 2009 , Hal.VII


Tags:
Categorised in: ,

No comment for Cendera mata khas diserbu pemudik, Pedagang bebek bambu pun panen…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *