Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » DAERAH » BPPTK Berikan Warning Pada Penambang Galian C Kaliworo Agar Ekstra Hati-Hati

BPPTK Berikan Warning Pada Penambang Galian C Kaliworo Agar Ekstra Hati-Hati

(81 Views) December 6, 2012 8:54 pm | Published by | No comment

Penambang Pasir Kaliworo

Kemalang  –  Musim hujan telah tiba, walaupun hingga awal  Desember ini intensitasnya masih normal atau bahkan dibawah normal. Kepala Balai Penelitian dan Pengawasan Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, Subandriyo belum lama ini telah memberikan warning kepada para penambang galian C di kali Woro agar mereka ekstra hati-hati. Meskipun ancaman bahaya banjir disini tidak sebesar di wilayah Sleman dan Magelang. Namun yang perlu diingat bahwa material vulkanik dipuncak masih jutaan meter kubik volumenya.

Mengingat  menambang merupakan pekerjaan utama, maka apapun resikonya kami bersama rombongan sejumlah empat orang  setiap hari  selalu datang kelokasi penambangan, kata  Sugiyanto.Penambangan dilakukan secara manual, sementara deposit pasir sudah sangat kurang dibanding  paska erupsi 2 tahun yang lalu. Tak jarang mereka menggali pasir hingga kedalaman  5 – 10 meter. Memang kalau sudah berada di dalam galian dan mengejar target untuk pengisian truk terkadang lupa akan berbagai resiko. Resiko yang biasa dihadapi adalah longsor. Sudah banyak korban meninggal akibat tertimpa longsoran pasir dan batu.Dan saat ini resiko terjebak banjir lahar dingin juga semakin menambah kekawatiran kami, tambah Tugino dan Sarno, yang menambang di kali Woro sejak  5 tahun yang lalu. Sulitnya mencari lapangan kerja lain menyebabkan kami special menggeluti penambangan pasir tambahnya. Badan kali Woro yang berada di wilayah kecamatan Manisrenggo, antara padukuhan Pijenan – Pacitan memang telah  habis materialnya sehingga tidak ada lagi aktifitas penambangan. Bahkan kali selebar kurang lebih satu kilometer itu telah berubah wujud menjadi hutan rakyat yang hijau dan lebat. Saat ini penambangan berada di atas yakni hulu kali Woro  masuk wilayah kecamatan Kemalang. Kami akan selalu waspada jika kondisi mendung tebal dan hujan datang, kata Remin.

Menurut pemantauan Tim SAR induk  Balerante, Kemalang Kaliworo memang telah beberapa kali banjir, walaupun masih merupakan banjir biasa, dari aliran permukaan (run off) dan belum membawa  material vulkanik dari puncak Merapi. Namun demikian dihimbau agar para penambang tidak terlena dan tetap waspada, apalagi saat mendung dan hujan  lebih baik berhenti  dan menjauh.

Mengingat kian menipisnya deposit pasir dan besarnya resiko bahaya banjir di kali Woro, beberapa penambang alih pekerjaan pada industry penggilingan batu yang akhir-akhir ini banyak berdiri di sekitar sungai Woro. Walaupun hasilnya tidak sebesar kalau menambang pasir, tapi dibase camp penggilingan batu lebih tenang, nyaman dan dekat rumah  kata Ngadinu,yang diamini Duwik, Ketul dan Ngadimo. Di penggilingan batu satu hari memperoleh upah Rp 30.000,00 (tiga puluh ribu rupiah) lepas, dan dibayarkan setiap minggu sekali yaitu pada hari Sabtu, tambahnya.

Oleh   : Kiswanto

 

Tags:

bahaya pekerja penggilingan pasir pimpinan cabang muhammadiya kecamatan kalikotes kabupaten klaten resiko galian c

Tags:
Categorised in: , ,

No comment for BPPTK Berikan Warning Pada Penambang Galian C Kaliworo Agar Ekstra Hati-Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *