Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » FITUR » BPBD Kabupaten Klaten Memperbaiki Jalan Pasar Kembang – Dompol Kemalang

BPBD Kabupaten Klaten Memperbaiki Jalan Pasar Kembang – Dompol Kemalang

(85 Views) November 28, 2012 8:24 pm | Published by | 4 Comments

Kemalang – Perbaikan jalan dari pasar Kembang hingga desa Dompol, kecamatan Kemalang dilakukan karena jalan ini merupakan jalur evakuasi  apabila terjadi bencana erupsi Merapi. Sebenarnya pasca erupsi dulu jalan ini sudah di perbaiki atas bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup tetapi cepat rusak karena banyaknya truk pengangkut galian C yang sebagian besar melampaui kapasitasnya, demikian dijelaskan kepala Desa Keputran. Salah seorang warga Dompol, Sugeng yang setiap hari melewati jalan ini mengaku senang dengan kegiatan perbaikan ini, sebab akan merasa nyaman dan tidak merusakkan onderdil kendaraan, katanya.

Pernyataan senada juga pernah disampaikan Bupati Klaten Sunarna ketika menghadiri acara Kemalang Bersholawat bersama Habib Syech dilapangan Keputran (28/11/2012) “Kemalang memang merupakan kecamatan yang paling boros dalam penggunaan anggaran perbaikan jalan, karena volume dan frekuensi truk pengangkut galian C luar biasa tinggi..” dan Bupati menghimbau pada sopir truk pengangkut  hasil galian C tidak over tonase, agar jalan dan jembatan dapat digunakan dengan awet .

Kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana erupsi Merapi ini menggunakan dana Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2011, yang diluncurkan pada tahun anggaran 2012 dilaksanakan oleh CV Lina Sari. Berdasarkan kontrak  kerja antara BPBD Klaten dengan Penyedia  Jasa  CV Lina Sari (Tegalmojo, Kingkang, Wonosari, Klaten), nomor 027/566/30/VIII/2012, tanggal 30 Agustus 2012, dengan total  dana sebesar Rp 1.658.000.000,00 (satu milyar enam ratus lima puluh delapan juta rupiah)  dan durasi pelaksanaan kegiatan selama 90 hari kalender. Sembilan puluh hari kalender pelaksanaan kegiatan terhitung sejak tanggal 3 September 2012 sampai dengan  1 Desember 2012. Dalam pelaksanaan pekerjaan perbaikan jalan ini juga melibatkan konsultan pengawas, yakni CV Prima Desain, yang beralamat di Komplek Semawis, Jalan Semawis Raya A-16, Kedungmundu, Semarang.

Masyarakat pengguna jalan pasar Kembang – Dompol berharap agar pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi yang tertuang dalam kontrak dan masa pemeliharaan setelah proyek diserahterimakan betul-betul dimanfaatkan  dengan  baik dan benar, serta  konsultan pengawas dapat bekerja secara optimal  dan professional, agar hasil perbaikan jalan yang vital ini berhasil dengan nilai bagus. (www.klaten.info)

Oleh   : Kiswanto

 

Tags:

kabupaten klaten kemalang pasar kembang kemalang klaten

Tags:
Categorised in: ,

4 Comments for BPBD Kabupaten Klaten Memperbaiki Jalan Pasar Kembang – Dompol Kemalang

  • Dhimas Setyo Nugroho says:

    Waaaaaaa,,, kalo mengenai jalan, dari prambanan saja jalan sudah tidak layak, berlubang, peyot-peyot, saingan sama truk lagi…. wah tobat………..
    lha kalo begitu, keselamatan pengemudi kan jadi terancam, kalo kecelakaan trus yang kecelakaan banyak kan menyebabkan citra klaten buruk, kalo buruk klaten nanti di cap buruk gimana ???
    kan sayang sama potensi wisatanya….

  • Kiswanto says:

    Mas Dhimas silakan baca artikel berita terdahulu tentang “Muatan Truk Berlebih jalan Manisrenggo-Kemalang Rusak”….dan sebenarnya saya telah mengirim artikel mengenai ketidak seriusan Pemkab dalam mengatasi persoalan Truk tonase yang merusak infrastruktur jalan jembatan dan membuat tidak nyaman dan aman para pengguna jalan lain dengan judul “fenomena kucing-kucingan sopir truk bermuatan lebih dengan petugas operasi..” yang hingga kini belum dimuat…merupakan masukan bagi pemkab agar mereview dan evaluasi kebijakan agar ,warga masyarakat terlindungi serta terjamin hak-haknya dijalan umum…soal potensi wisata wouw klaten gudangnya tapi gak ada greget pemkab mengangkatnya..ini terlihat seperti Deles yang kian ambles..dan PAD dari sektor ini “hanya” 900 jt/th…!memprihatinkan…..,kita warga klaten ayo tetap semangat..!

    • yusup sunarna says:

      ya pak kapan deles bisa maju seperti kaliurang….maju terus klaten…….

      • Kiswanto says:

        pak yusuf..ada gagasan merivitalisasi deles indah sebagai destinasi pariwisata yang dikolaborasikan dengan agrowisata,dan dikemas dalam bingkai “agropolitan”..alam deles memang indah dan spesifik,tinggal bagaimana pemkab berkomitmen untuk mengembangkannya….baca artikel”Gagasan Agropolitan Berbasis Komoditas Durian di Kecamatan Kemalang”….nwn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *