Menu Click to open Menus
Home » KLATEN » BOP Rp 1,1 miliar disalurkan ke sekolah swasta

BOP Rp 1,1 miliar disalurkan ke sekolah swasta

(194 Views) July 8, 2010 7:10 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) Sekolah-sekolah swasta di Kabupaten Klaten mendapatkan bantuan operasional pendidikan (BOP) yang jumlahnya mencapai Rp 1,156 miliar. Seremonial penyerahan BOP itu dilaksanakan di Pendapa Setda Pemkab Klaten, Selasa (6/7) kemarin, dihadiri perwakilan guru swasta penerima BOP, Bupati Klaten dan sejumlah tamu undangan.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Klaten, Suwardi mengatakan BOP tahun ini disalurkan untuk 904 taman kanak-kanak (TK) dan 168 sekolah swasta mulai SD, SMP dan SLTA yang tersebar di seluruh penjuru Klaten. “Untuk tingkat TK, bantuan yang diberikan senilai Rp 1 juta, sedangkan untuk SD hingga SLTA sederajat masing-masing Rp 1,5 juta,” jelasnya.

Dia mengatakan, pemanfaatan bantuan tersebut menyesuaikan dengan proposal yang sebelumnya sudah diserahkan oleh masing-masing sekolah. Menurutnya, pencairan BOP langsung melalui rekening sekolah untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Pihak sekolah pun sudah diminta mengumpulkan berkas yang dibutuhkan seperti fotokopi KTP, proposal, rekening bank dan sebagainya.

Suwardi menjelaskan, anggaran BOP tahun ini memang turun dibanding tahun sebelumnya, karena keterbatasan anggaran. Tahun 2009 lalu, untuk TK dikucuri Rp 1,5 juta per sekolah sedangkan SD hingga SLTA digelontor Rp 2 juta/sekolah. Dia mengatakan, meskipun nilai bantuan turun tapi diharapkan tetap dimanfaatkan dengan baik oleh sekolah, misalnya untuk membeli alat tulis, alat kebersihan dan lainnya sesuai kebutuhan.

Bupati Klaten, Sunarna yang menyerahkan bantuan secara simbolis mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan di Klaten berkat peran aktif para guru, baik di sekolah swasta maupun negeri dalam mendidik dan membentuk mental spiritual anak. “Penghargaan ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan kerja keras para guru yang mendidik dan menumbuhkan rasa nasionalisme murid terhadap bangsa dan negara.”

Pada bagian lain, Kepala MIM Jogosetran Kecamatan Kalikotes, Suparno mengatakan bantuan ini sudah ditunggu-tunggu karena proposal sudah diserahkan beberapa waktu lalu. “Sayangnya nilainya lebih rendah dari tahun lalu, padahal kami berharap meningkat. Meski demikian, bantuan ini sangat berguna, misalnya untuk membeli alat tulis kantor (ATK),” jelasnya. – Oleh : rei

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Rabu, 07 Juli 2010 , Hal.VI


Tags:

bantuan sekolah klaten info pencairan BOP TK TH 2015

Categorised in: ,

No comment for BOP Rp 1,1 miliar disalurkan ke sekolah swasta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *