Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PEMKAB » Berbagai Kesenian Ramaikan Kirab Budaya Suro Di Soropaten Karanganom

Berbagai Kesenian Ramaikan Kirab Budaya Suro Di Soropaten Karanganom

(172 Views) November 23, 2012 5:00 am | Published by | 2 Comments

Kirab Budaya Suro  Di Soropaten Karanganom

Karanganom– Memperingati tahun baru jawa atau yang lebih sering disebut bulan suro, masyarakat Dusun Pandaan, Desa Soropaten, Kecamatan karanganom, Klaten mengadakan acara kirab budaya suro, Kamis (22/11/2012) . Selain memperingati tahun baru jawa acara ini juga untuk memperingati kelahiran Kiai Karsorejo yakni tanggal 8 suro malam Jum’at Pon.

Tradisi yang sudah digelar 5 tahun ini dimeriahkan dengan berbagai kesenian, diantaranya sanggar seni catur Manungga l Boyolali, Sanggar seni Arjuna Polanharjo  jama’ah al-barzanji Muslimat Madrasatul Mahabbah Insyifiyyah, drumband SMP Negeri 1 Tulung, SMP Negeri 4 Karanganom, Drumband Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ngawinan, dan lainnya.

Kirab budaya yang dihadiri oleh Bupati Klaten, Bapak Sunarno, SE, M.Hum ini dimulai dari Bangsal Pandaan, keliling desa, dan kembali ke Bangsal Pandaan lagi. Ketua Panitia, Sri Nugroho, mengatakan agar kirab lebih meriah, kirab tidak hanya di jalan sekitar makam atau tugu dan sendang, tapi pihaknya pun bekerja sama dengan beberapa sekolah, media masa dan dinas terkait dengan tujuan pemerintah Klaten memberikan apresiasi akan adat di desa tersebut. 5 gunungan hasil bumi pun diarak keliling desa dan akan diperebutkan oleh masyarakat. “Dalam acara ini kami membuat lima gunungan karena dasar negara kita juga lima,” tambahnya.

Adapun tujuan dari kirab ini adalah  rasa syukur warga telah diberi pertolongan oleh Tuhan Yang Maha Esa agar warga tidak terkena musibah penyakit pes lagi, menghidupkan budaya dan melestarikan budaya Jawa, serta menumbuhkan ekonomi khususnya masyarakat desa.

NOR LAILA

Tags:

drumband smp n 1 tulung klaten loker di sekitar jln jatinom - karanganom klaten agustus 2015 mi islamiah ngawinan klaten

Tags:
Categorised in:

2 Comments for Berbagai Kesenian Ramaikan Kirab Budaya Suro Di Soropaten Karanganom

  • Dhimas Setyo Nugroho says:

    Bagaimana dampak kirab budaya terhadap perekonomian masyarakat setempat pada saat kirab tersebut berlangsung ?

  • Novita says:

    Assalamualykum..

    Mohon bantuannya. Saya mendapatkan tugas ospek dari universitas untuk membuat essay tentang pahlawan yang berasal dari daerah masing-masing(klaten) jika ada yang mengetahui cerita tentang pahlawan-pahlawan klaten dari biography sampai perjuangannya, mohon hubungi saya di email : novilluvia@gmail.com atau FB : novita astry .. Mohon bantuannya. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *