Menu Click to open Menus
Home » DAERAH » Banyak Pohon Tumbang Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Banyak Pohon Tumbang Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

(253 Views) January 16, 2013 8:01 am | Published by | No comment
Pohon tumbang menimpa rumah warga desa Kadilaju

Pohon tumbang menimpa rumah warga desa Kadilaju

Sebagaimana prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika bahwa puncak curah hujan akan terjadi pada bulan Januari 2013. Demikian juga LAPAN mengingatkan bahwa cuaca buruk masih akan terjadi hingga pertengahan bulan Januari ini. Hari Minggu (6/1) sekitar pukul 14.45 WIB terjadi hujan sangat deras dan disertai angin kencang di wilayah Manisrenggo dan Karangnongko. Intensitas hujan yang tinggi terjadi  selama satu jam lebih, sedangkan angin kencang bertiup hanya sekitar 15 menit. Kemudian diikuti listrik PLN padam dan baru menyala pukul 18.45 menit.

Cobaan menimpa keluarga Pairo Waliyo yang bermukim di RT 02 ,RW 01 desa Kadilaju, kecamatan Karangnongko, akibat angin kencang dan hujan deras tersebut rumah yang belum lama selesai dibangun tertimpa pohon kelapa milik tetangga yang tumbang. Ditemui kontributor Klaten Info Pairo Waliyo menjelaskan bahwa ketika tiba-tiba hujan turun dengan lebat dibarengi angin kencang seluruh keluarganya berada didalam rumah. Tak lama berselang kemudian dikagetkan adanya suara keras yang menimpa rumahnya, dan saat pintu dibuka ternyata teras depan tertimpa pohon kelapa milik Nono tetangganya. Tidak ada korban jiwa atas musibah itu, tetapi teras dan sebagian rumahnya hancur berantakan. Nilai kerugian material ditaksir kira-kira mencapai satu juta rupiah.

Masih di wilayah rukun tetangga yang sama rumpun pohon bambu yang cukup besar di pinggir makam juga roboh dan menimpa kandang ternak milik Atmo Sidul, ternak dan pemilik selamat, kerugian diperkirakan mencapai ratusan ribu rupiah, demikian dijelaskan Sumiyanto ketua RT setempat.

Sementara menurut pengamatan kontributor Klaten Info padukuhan Gampar, Pijenan, Plawangan dan Cemeti desa Sukorini, kecamatan Manisrenggo banyak dijumpai pohon-pohon besar yang tumbang. Di padukuhan Cemeti lalu lintas dijalan penghubung kecamatan Kemalang – Manisrenggo sempat terhenti lebih dari satu jam akibat adanya pohon besar yang tumbang dan melintang dijalan. Para pengguna jalan dialihkan melalui jalur alternatif dan harus memutar sekurangnya dua kilometer lewat jalur Tegal Mas – Balai desa Kadilaju.Perangkat desa Sukorini Suparno ketika dikonfirmasi tentang data kerusakan akibat hujan deras dan angin kencang terdapat 10 rumah dan satu gereja rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini. Data kerusakakan sudah dilaporkan ke kecamatan Manisrenggo, untuk selanjutnya dikirim ke kabupaten Klaten. Pohon –pohon besar yang roboh  sebagian besar disebabkan perakarannya tidak kuat atau ditanam pada tanah yang tipis sehingga rungkat ketika diterjang angin kencang, imbuhnya. Masyarakat yang terkena musibah bencana mengaharapkan perhatian dan bantuan dari pemerintah kabupaten Klaten terutama untuk perbaikan rumahnya. (www.klaten.info)

Oleh : Kiswanto 

Tags:

Penyebab padi tumbang kecamatan karangnongko kabupaten klaten apa akibat adanya angin kencang

Tags: ,
Categorised in: ,

No comment for Banyak Pohon Tumbang Akibat Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *