Menu Click to open Menus
Home » KLATEN » Aspeni perluas lahan nilam

Aspeni perluas lahan nilam

(214 Views) October 15, 2009 10:21 pm | Published by | 2 Comments

Jatinom (Espos) Asosiasi Petani Nilam (Aspeni) Kabupaten Klaten berencana memperluas jumlah lahan uji coba penanaman nilam di wilayah Kecamatan Bayat.

Ketua Aspeni Kabupaten Klaten, Haryanto mengatakan, sekitar empat bulan lalu, pihaknya melakukan uji coba penanaman nilam di Desa Tawangrejo, Kecamatan Bayat. Dia menuturkan, penanaman nilam dimungkinkan meluas ke desa lainnya di kecamatan terkait.
”Ada seribu batang nilam yang kami tanam di bawah pohon jati. Luas lahan yang kami tanami mencapai 500 meter. Kami mencoba menanam nilam di berbagai lokasi untuk mengetahui apakah bisa tumbuh atau tidak. Ternyata, di tanah berbatu kapur hasilnya bagus dan tidak berbeda dengan yang kami tanam di sini (Jatinom-red),” terang Haryanto.

Saat ditemui Espos di Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom, Senin (5/10), dia mengemukakan, selain di Bayat, dirinya juga mencoba menanam nilam di wilayah Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Nilam di Bayat telah dipanen pada Agustus lalu. Harga komoditas tersebut pada kondisi basah mencapai Rp 800/kg, sementara nilam kering mencapai Rp 2.500/kg. Untuk harga minyak nilam dibanderol harga Rp 270.000/kg.

Haryanto belum bisa memastikan jumlah nilam yang akan ditanam lagi di Bayat. Dia menyatakan akan melihat sejumlah kondisi termasuk kesiapan petani. ”Penanaman nilam di Bayat masih menunggu musim hujan. Kalau November sudah musim hujan mungkin langsung dimulai. Tanah di sana kering sehingga butuh air. Pada uji coba kemarin, petani yang dilibatkan satu orang,” kata Haryanto.

Diakui Haryanto saat ini perkembangan penanaman nilam sudah meningkat hingga 100%. Sejumlah kecamatan yang wilayahnya sudah ditanami nilam antara lain Jatinom, Tulung, Kemalang, Manisrenggo, Karangnongko, Wedi dan Bayat. – Oleh : nad

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Kamis, 15 Oktober 2009 , Hal.VII

Tags:

apakah nilam tumbuh di lahan kering dan berbatu desa di yogyakarta yang menanam nilam penjual minyak nilam di klaten

Tags:
Categorised in: ,

2 Comments for Aspeni perluas lahan nilam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *