Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PEMKAB » APBD Kab. Klaten 2012 Tidak Memihak Rakyat

APBD Kab. Klaten 2012 Tidak Memihak Rakyat

(76 Views) January 7, 2012 9:30 pm | Published by | 1 Comment

APBD Klaten 2012Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Klaten tahun 2012 sepertinya belum memihak rakyat, hal ini dikarenakan alokasi belanja tidak langsung jauh lebih tinggi dibandingkan alokasi belanja langsung atau belanja yang bersentuhan langsung untuk kebutuhan masyarakat.

“Alokasi belanja pegawai APBD 2012 di Kabupaten Klaten mencapai hampir 80 persen sendiri. Dengan tingginya belanja pegawai dalam belanja daerah maka makin mengaburkan agenda pemerintah dalam memenuhi hak-hak dasar rakyat atau upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ucap Koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Tengah (Jateng), Mayadina RM, saat acara diskusi publik di RM Merapi Resto Klaten, Rabu (4/1/2011).

Sementara itu, Koordinator Aliansi Rakyat Anti Korupsi Klaten, (ARAKK), Abdul Muslih juga sependapat dengan FITRA. Banyaknya persoalaan masyarakat dikarenakan kurangnya perhatian lebih dari Pemkab Klaten. Persoalan tersebut antara lain masalah pelayanan publik, pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, dan pertanian.

“Pemkab Klaten seharusnya lebih membuka hati untuk peduli pada masyarakat miskin. Ironisnya, alokasi dana lebih banyak digunakan untuk gaji sekitar 16.103 PNS. Kondisi Ini semakin pempertegas Klaten sebagai kabupaten yang hampir bangkrut, karena anggaran habis untuk belanja pegawai,” tegasnya.

Total APBD Klaten pada 2012 mencapai angka Rp 1,357 triliun. Alokasi untuk belanja tak langsung mencapai Rp 1,085 triliun. Sedangkan alokasi untuk belanja langsung (yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat) hanya sebesar Rp 272 miliar.

 

Tags:

apbd kabupaten klaten anggaran apbd kabupaten klaten anggaran kabupaten klaten

Tags:
Categorised in:

1 Comment for APBD Kab. Klaten 2012 Tidak Memihak Rakyat

  • warsiati says:

    Kalau kab klaten minus anggaran, dana darimana utk membangun masjid angung yang baru dimulai tsb. Sedang sarana dan pra sarana pendidikan di kab klaten belom merata hanya 30% terkafer. Utk daerah pinggiran klaten sarana dan prasarana pendidikan sangat memprihatinkan. Saya miris prehatin mendengar keluhanan dari kepala sekolah dan guru di beberapa sd klaten pinggiran. Mohon diperjuangkan utk mereka. Siswa siswi sd tersebut anak bangsa juga. Mereka punya hak seperti yang lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *