Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » MASYARAKAT » Angkutan umum terus berkurang

Angkutan umum terus berkurang

(57 Views) December 13, 2008 5:25 am | Published by | No comment

Klaten (Espos) – Angkutan umum yang beroperasi di wilayah Klaten hingga saat ini berjumlah 458 unit. Jumlah itu lebih sedikit bila dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Kasi Angkutan dari Kantor Perhubungan Kabupaten Klaten, Anggoro Adji, mengungkapkan penurunan jumlah angkutan umum tersebut dipengaruhi banyak faktor. Selain semakin mahalnya biaya operasional, warga yang memiliki kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor, juga mengalami peningkatan.

”Berdasarkan izin trayek, jumlah angkutan umum, meliputi angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP), antarkota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan pedesaan jumlah totalnya 458 unit. Namun, yang benar-benar beroperasi paling hanya sekitar 40% nya,” ujar Anggoro saat ditemui Espos, pekan lalu, di ruang kerjanya.

Dia menambahkan seiring semakin sepinya penumpang, penghasilan perusahaan angkutan tidak mampu menutupi biaya operasional kendaraan mereka, seperti pembelian bahan bakar minyak (BBM) maupun perangkat suku cadang kendaraan. Ketidakseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran itu menyebabkan pengusaha jasa angkutan di Klaten terpaksa mengurangi jatah operasional.

Sebab, jika bisnis itu diteruskan, kata dia, mereka akan merugi. Indikasi itu sudah mulai terlihat sejak tahun 2005 lalu. Bahkan, beberapa perusahaan penyedia sarana transportasi tersebut mulai gulung tikar.
Anggoro menilai untuk memulihkan keadaan seperti sediakala membutuhkan proses yang panjang.

Setidaknya dalam waktu dekat ini, jelas Anggoro, belum ada indikator ke arah meningkatnya jumlah penumpang. Yang penting, tegasnya, perusahaan harus tetap meningkatkan pelayanan dan kelayakan kendaraan demi kenyamanan pengguna jasa angkutan darat itu.

Sementara itu, staf Angkutan Kantor Perhubungan Kabupaten Klaten, Suparman, menambahkan penurunan harga BBM pada bulan ini dinilai tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap meningkatnya jumlah angkutan umum yang beroperasional. – Oleh : m74

Sumber: SOLOPOS/111208

Tags:

kepala desa sidowarno Wonosari Klaten 2015 sejarah Desa mlese video

Tags:
Categorised in:

No comment for Angkutan umum terus berkurang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *