Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » DAERAH » Akses Jalan Manisrenggo Menuju Kemalang Dan Karangnongko Rusak Parah

Akses Jalan Manisrenggo Menuju Kemalang Dan Karangnongko Rusak Parah

(0 Views) March 22, 2013 8:25 pm | Published by | 2 Comments

Beberapa waktu yang lalu Camat Manisrenggo Wahyudi Martono mengungkapkan tentang kerusakan delapan titik gorong-gorong ambles diwilayah kerjanya akan mengancam putusnya akses jalan dari kecamatan Manisrenggo – Kemalang dan Karangnongko.

jalan-di-manisrenggo

Menurut pengamatan kontributor Klaten.info, apa yang diungkapkan Camat Manisrenggo tersebut menjadi kenyataan. Tepatnya hari Minggu, 10 Maret 2013 gorong-gorong yang berlokasi di padukuhan Junut, selatan dam Junut ambles. Amblesnya gorong-gorong tersebut mengakibatkan akses jalan dari kecamatan Manisrenggo – Kemalang dan Karanongko tertutup khususnya bagi kendaraan roda empat atau lebih. Sebagaimana dituturkan Karno warga Junut, sebenarnya gorong-gorong tersebut sudah cukup lama ambles, namun oleh warga secara swadaya sering diperbaiki dengan cara mengurug dengan pasir dan bahkan disemen. Namun mengingat banyaknya truk pengangkut pasir yang lewat tiap harinya akhirnya Minggu siang kemarin gorong-gorong jebol. Tiap hari ratusan truk pasir melintas dengan muatan sebagian besar melampaui kapasitas tonase, sehingga menyebabkan jalan dan gorong-gorong cepat rusak, imbuhnya.

Dengan rusaknya gorong-gorong Junut, sementara arus lalu lintas roda empat dari arah Kemalang dan Karangnongko dialihkan belok kekanan masuk jalan desa. Sedangkan kendaraan dari arah Manisrenggo menuju Kemalang mulai tugu Pancasila pertigaan Borangan dialihkan terus ketimur melalui jalan desa hingga tembus Margorejo, desa Kadilaju.

Hingga Senin pagi jalan masih ditutup dan belum ada tanda-tanda diperbaiki oleh Pemkab Klaten. Jebolnya gorong-gorong Junut ini, menyusul amblesnya gorong-gorong di Tanjungsari, Manisrenggo beberapa minggu lalu, yang saat ini sedang dalam perbaikan oleh DPU Klaten.

Dengan rusak berat dan jebolnya beberapa gorong-gorong pada jalan yang menjadi urat nadi perekonomian ini, dikeluhkan banyak pengguna jalan. Sebagaimana dituturkan Agus karyawan yang tiap hari melewati, ”Wah ,susah mas lewat jalan ini karena rusak berat dan padat truk pengangkut pasir, sehingga tidak nyaman, aman dan membutuhkan waktu tempuh yang kian lama…” keluhnya.

Masyarakat pengguna jalan ini berharap Pemerintah kabupaten Klaten segera memperbaiki kerusakan dan yang tidak kalah penting adalah membuat regulasi agar  jalan yang sudah dibangun tidak cepat rusak kembali, terutama akibat berlebihnya muatan.

Oleh : Kiswanto

Tags: , ,
Categorised in: , ,

2 Comments for Akses Jalan Manisrenggo Menuju Kemalang Dan Karangnongko Rusak Parah

  • sriyanto says:

    Perlunya pemerintah daerah kabupaten klaten untuk memperhatikan jenis tonase jalan yang di lewati truck-truck pasir yang melebihi kapasitas, mohon tindakkan tegas dari pemerintah untuk mengatur muatan sesuai denganperaturan yang ada, pantau orang-orang yang melakukan pungutan liar. yang hanya mementingkan perutnya sendiri tanpa memperdulikan aspek jalan yang menjadi transportasi / kehidupan masyarakat sekitar.

  • Pemerintah perlu memperhatikan penataan jalan-jalan di desa, bukan hasnya di kota saja yang dipercvantik, semoga bupati baru kita mampu merealisasikan janji semasa kampanyenya. amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *