Menu Click to open Menus
Home » KLATEN » 400 Sekolah masuk nominasi DAK

400 Sekolah masuk nominasi DAK

(206 Views) June 16, 2009 5:40 am | Published by | 1 Comment

Klaten (Espos) – Sebanyak 400 sekolah dasar (SD) dan sekolah luar biasa (SLB) di Klaten masuk dalam daftar nominasi penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan 2009 senilai Rp 40,1 miliar.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Budianto ketika ditemui wartawan, Jumat (12/6) mengungkapkan, ada sekitar 400 sekolah calon penerima DAK. Untuk saat ini, Disdik belum menyiapkan jumlah sekolah yang pasti akan menerima DAK.

Tim dari Disdik, berencana baru terjun ke masing-masing sekolah melihat urgensi kebutuhan masing-masing sekolah. “DAK digunakan untuk rehab ruang kelas dan pengadaan mebel,” jelasnya di kompleks Setda Pemkab Klaten.

Besaran DAK tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, total DAK pendidikan mencapai kurang lebih Rp 30 miliar. Total sekolah penerima DAK pada waktu itu mencapai 118 sekolah. “Kenaikan merupakan ketentuan dari pemerintah pusat,” lanjut Budi.
Kali ini, lebih lanjut Budi menjamin, pelaksanaan DAK tak akan menemui banyak kendala seperti tahun sebelumnya. Disdik telah mendapatkan kepastian mengenai pelaksanaan DAK pada tahun ini. Setelah berkonsultasi dengan pemerintah pusat, jelas Budi, Disdik menegaskan pelaksanaan DAK adalah swakelola.

Langkah itu menurut dia, ditempuh setelah mereka menerima kejelasan Permendiknas No 3/2009 tentang Juklak dan Juknis DAK serta Permendagri No 20/2009. Kedua aturan itu menegaskan pelaksanaan DAK swakelola.
“Kami akan segera menyosialisasikan hal ini kepada sekolah. Artinya, nanti sekolah membentuk panitia pelaksana, yang melaksanakan DAK nanti adalah Panpel itu,” tandas dia.

Patut dipahami, tambah Budi, DAK hanya dana stimulan. Artinya, apabila ingin pembangunan sekolah setempat berjalan maksimal maka penambahan alokasi dana bisa dilakukan oleh pihak sekolah.

Sesuai kondisi
Anggota Komisi IV DPRD Klaten, Bagyo Supriyanto berharap Disdik tidak tersandung permasalahan serupa tahun sebelumnya. Disdik menurut dia, harus lebih pintar dan belajar dari kesalahan terkait DAK tahun lalu. “Sudah ada penjelasan dari pemerintah pusat bahwa ini swakelola. Jangan seperti keledai, mosok salah sampai tiga kali.”

Diterangkan Bagyo, besaran dana DAK masing-masing sekolah, direncanakan ada di kisaran Rp 70 juta hingga Rp 280 juta. Besaran itu disesuaikan dengan kondisi sekolah. “Kami minta secepatnya dilakukan pelaksanaan DAK,” pinta Bagyo. – Oleh : Heriyono Adi Anggoro

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Sabtu, 13 Juni 2009 , Hal.VII

Tags:

apakah ada bantuan sragam untuk SDN 6 jimbung kalikotes klaten gedung baru di klaten gedung srikandi dekat gor Humas Pemda Klaten Tegalyoso Kabupaten Klaten Jawa Tengah

Categorised in: ,

1 Comment for 400 Sekolah masuk nominasi DAK

  • ardhie says:

    wah, semoga ga seperti tahun 2008. DAK amburadul ga karuan. harus tegas, mau lelang apa swa kelola. klo swa kelola ya tim perencana dan pengawasnya harus kompeten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *