Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » PENDIDIKAN » 33 Siswa SMP tidak lulus

33 Siswa SMP tidak lulus

(31 Views) April 29, 2011 9:31 pm | Published by | No comment

Klaten (Espos) Sebanyak 33 siswa sekolah menengah pertama (SMP), madrasah tsanawiyah (MTs) dan sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB) di Kabupaten Klaten dipastikan tidak lulus sekolah.
Pasalnya, mereka tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) sejak hari pertama pelaksanan tes, Senin (25/4) sampai dengan hari terakhir, Kamis (28/4). Sementara itu, enam siswa dinyatakan bisa mengikuti UN susulan karena jelas alasan sakit mereka.

Ketua Pelaksana UN, Agus Sukamto, memastikan 33 siswa gagal UN karena alasan mengundurkan diri, sudah bekerja dan pindah alamat. Data tersebut didapat dari laporan lima subrayon di Klaten, Kamis pukul 12.00 WIB. “Sebelum UN dilaksanakan, pihak sekolah sudah membujuk siswa untuk mengikuti UN, namun mereka tidak mau.”

Untuk memastikan ketidaklulusan siswa tersebut, pihak sekolah juga memberikan surat pernyataan bermaterai yang ditandangani wali murid dan kepala sekolah. Surat itu, imbuh Agus, dibuat untuk memperkuat bukti jika suatu saat orangtua siswa protes dan menanyakan alasan ketidaklulusan anak mereka. “Dengan kesepakatan bersama, pihak sekolah dan orangtua siswa bisa sama-sama legawa.”

Sementara itu bagi enam siswa SMP yang diketahui sakit, Agus memastikan mereka bisa mengikuti ujian susulan yang akan diselenggarakan Selasa (3/5). Soal ujian susulan, menurut dia, tidak sama dengan soal ujian utama dan soal ujian cadangan. “Materi ujian memang sama, namun soalnya berbeda. Soal ujian susulan sampai saat ini masih tersimpan di Dinas Pendidikan Klaten dan akan dikeluarkan tatkala ada ujian susulan. Kami yakin tidak ada kebocoran soal ujian susulan karena penjagaan diperketat.” – Oleh : m98

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Jum’at, 29 April 2011 , Hal.V



Categorised in:

No comment for 33 Siswa SMP tidak lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *