Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » KLATEN » 200 Polisi ikuti tes permohonan Senpi

200 Polisi ikuti tes permohonan Senpi

(59 Views) April 21, 2010 2:47 pm | Published by | No comment

Klaten (Espos) Sedikitnya 200 personel Polri yang bertugas di wilayah hukum Polres Klaten mengikuti tes psikologi bagi pemohon senjata api (Senpi) di Pendapa Pemkab Klaten, Senin (19/4).
Kapolres Klaten, AKBP Agus Djaka Santosa saat ditemui wartawan di sela-sela tes, mengungkapkan, kegiatan itu merupakan prosedur rutin yang diikuti semua jajaran, baik yang bertugas di Polres maupun Polsek di Kabupaten Klaten.

“Karena keterbatasan ruangan, tes diadakan secara bertahap dengan diampu tim dari Polda Jateng,” jelasnya. Kapolres menambahkan, pihaknya berharap, semua anggota yang ikut tes kali ini bisa lulus dengan hasil memuaskan.

Kepala Bagian Psikologi Biro Personel Polda Jateng, AKBP Poernomo yang memimpin tim Polda mengatakan, pemeriksaan psikologi untuk pemohon Senpi dilaksanakan setiap tahun sekali. Hal itu demi antisipasi dan mengeliminasi penyalahgunaan Senpi oleh anggota polisi. “Untuk membawa Senpi bagi aparat Polri kan ada surat izin yang habis dalam jangka waktu setahun,” papar dia.

Setelah izin habis, katanya, diadakan pemeriksaan ulang untuk memastikan kesehatan psikologis aparat bersangkutan. Dikatakan olehnya, jika hasil pemeriksaan psikologis mengindikasikan adanya gangguan atau ketidakberesan dalam diri pemegang Senpi, maka Senpi bisa ditarik. Meski demikian, aparat tersebut masih punya kesempatan ikut tes setengah tahun ke depan.

Dia menambahkan, aparat yang diketahui “bermasalah” dari sisi psikologis diberikan bimbingan supaya persoalannya segera terselesaikan. Saat disinggung apakah ada keterkaitan antara pemeriksaan tersebut dengan kasus pembunuhan yang menimpa personel polisi di Kabumen dan Purworejo belum lama ini, AKBP Poernomo mengatakan tes ini sebatas kegiatan rutin. Oleh : q rei

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Selasa, 20 April 2010 , Hal.VII



Tags:
Categorised in: ,

No comment for 200 Polisi ikuti tes permohonan Senpi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *