Menu Click to open Menus
Home » KLATEN » 180 Polisi diturunkan dalam Yaqowiyu, Pengunjung diimbau amankan barang sendiri

180 Polisi diturunkan dalam Yaqowiyu, Pengunjung diimbau amankan barang sendiri

(153 Views) January 27, 2010 5:12 pm | Published by | No comment

Jatinom (Espos) Sebanyak 180 personel Polres Klaten dikerahkan mengamankan perayaan upacara adat Yaqowiyu di Kecamatan Jatinom, Klaten yang diawali Kamis (21/1) lalu hingga Jumat (29/1) mendatang. Meski demikian, polisi tetap meminta pengunjung mengawasi sendiri barang berharga mereka.

Demikian disampaikan Kapolres Klaten, AKBP Agus Djaka Santosa, melalui Kataud Polsek Jatinom Sriyono yang mewakili Kapolsek Jatinom, AKP Dedy Foury Millewa menghadapi wartawan yang datang ke Mapolsek setempat, Senin (25/1). Menurut Sriyono, jumlah personel polisi yang dikerahkan untuk mengamankan Yaqowiyu tahun ini tak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
Dia mengatakan, ke-180 personel itu dikerahkan untuk mengamankan tiga kegiatan utama dalam perayaan upacara adat itu, yakni pembukaan Yaqowiyu pada Kamis lalu, kirab gunungan apem pada Kamis (28/1) dan penyebaran apem pada Jumat (29/1) mendatang.
Lebih lanjut, Sriyono mengklaim, tindak kejatahan yang terjadi selama upacara adat Yaqowiyu telah mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Namun begitu, pihaknya tetap mewaspadai adanya tindak kejahatan yang muncul. Seperti luas diketahui publik, upacara adat itu dari tahun ke tahun senantiasa menyisakan banyaknya laporan pencopetan barang milik pengunjung.
Kenyataan itu diakui polisi ini. Menurut dia, jenis tindak kejatahan yang sering muncul mengiringi berlangsungnya perayaan Yaqowiyu dari tahun ke tahun adalah aksi pencopetan. “Para copet biasa beraksi pada saat berlangsungnya kirab gunungan apem dan pada hari penyebaran apem. Banyaknya jumlah pengunjung yang datang membuat kami kerepotan dalam memberikan pengawasan.”
Sriyono menjelaskan, dalam menjalankan aksi mereka, para pencopet itu bekerja secara berkelompok. Menurutnya, mereka biasanya didatangkan dari luar kota khusus untuk menjalankan aksi pada saat perayaan kirab gunungan apem dan penyebaran apem.
Untuk itu, dia mengimbau kepada setiap calon pengunjung mewaspadai keberadaan para pencopet tersebut. “Kalau bisa jangan membawa perhiasan. Dompet maupun handphone harus diawasi sendiri jangan sampai lengah,” imbaunya. – Oleh : m82

Disalin dari: SOLOPOS, Edisi : Selasa, 26 Januari 2010 , Hal.VII


Tags:

deddy foury millewa jual tanah jatinom

Tags:
Categorised in: ,

No comment for 180 Polisi diturunkan dalam Yaqowiyu, Pengunjung diimbau amankan barang sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *