Inovatif Sekali, Peta Digital Desa Pundungan Kecamatan Juwiring

Peta digital atau kartografi digital kini tengah dikembangkan di desa Klaten, tepatnya di Desa Pundungan, Kecamatan Juwiring. Konsep ini digunakan untuk memetakan aneka informasi di desa tersebut mulai dari pembangunan infrastruktur hingga data administrasi kependudukan dan informasi spasial untuk merepresentasikan objek-objek di permukaan desa.


Pengembangan peta ini juga ditujukan untuk menampilkan berbagai macam potensi desa. Inovasi tersebut diharapkan bisa memudahkan keperluan memeroleh informasi atau data terkait Desa Pundungan di Kecamatan Juwiring.

Pada proses pengembangannya, pihak pemerintah desa menjalin kerjasama dengan Informa Studios. Namun, saat ini aplikasi peta digital tersebut hanya dapat diakses melalui perangkat komputer. Meski begitu, setidaknya hasil inovasi tersebut dapat membantu pengembangan usaha kecil hingga tingkat menengah atau lebih dikenal dengan UMKM.

Melalui data-data yang disimpan dalam server lokal, berbagai macam informasi yang terkait dengan peluang usaha dapat menjadi referensi bagi para pegiat usaha. Selain itu, data dalam server juga mencakup keberadaan rumah-rumah tak layak huni hingga data keluarga penerima program PKH.
Sebagaimana peta pada umumnya, tentu peta digital ini juga menampilkan batas wilayah antar desa di sekitarnya, hal ini memperjelas keberadaan wilayah sehingga memudahkan pemerintah desa untuk membuat perencanaan pembangunan. Untuk menginput berbagai macam data dari lapangan, sedikitnya dibutuhkan waktu kurang lebih satu minggu. Sementara pemetaannya diperlukan tenggat waktu sekitar tiga minggu lamanya.

Meski begitu, Pemerintah Desa Pundungan serius dengan komitmennya untuk membangun desa digital yang maju, salah satunya dengan menerapkan peta digital atau kartografi digital tersebut. Menjalankan prosesnya memang tidak mudah, namun hal itu setimpal dengan keuntungan yang diperoleh. Keuntungan tersebut ialah dalam hal mudah memeroleh informasi, mulai dari data geografis hingga data kependudukan setempat. Tentunya informasi tersebut disajikan secara tepat serta akurat.

Begitupun dengan informasi pemilik tanah. Hal ini menjadi penting agar masalah-masalah sengketa dapat berkurang karena data masyarakat Desa Pundungan sudah terangkum lengkap di dalam sistem. Lebih lengkap lagi, peta digital tersebut juga memiliki data detail mengenai jumlah kepala keluarga di dalam desa hingga mencakup data pekerjaan setiap anggota keluarga sebagai bentuk transparansi data.

Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/read/2020/02/19/179995/desa-di-klaten-kembangkan-peta-digital-apa-saja-isinya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inovatif Sekali, Peta Digital Desa Pundungan Kecamatan Juwiring"

Posting Komentar