Baru Tahu, Titik Nol Km Klaten (KLAT 0), Ternyata...

Titik nol kilometer adalah titik acuan untuk mengukur jarak antar kota. Namun, masih banyak yang belum mengetahui hal tersebut. Begitupun dengan titik nol kilometer yang berada di Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah.


Lokasi titik nol kilometer Kabupaten Klaten terletak di Jalan Pemuda 62, tepatnya di depan toko-toko kelontong Kampung Kanjengan di Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten bagian Tengah. Posisi titik nol kilometer Klaten berada di tepian jalur yang tergolong sepi pengendara. Mungkin hal ini pula yang menjadi penyebab keberadaan titik nol kilometer Kabupaten Klaten masih jarang diketahui.

Jika diperhatikan dengan seksama, titik nol kilometer Kabupaten Klaten tersebut ditandai dengan sebuah tugu dengan tulisan KLAT 0. Sementara itu, terdapat pula tulisan YOGY 30 di bagian kanannya. Tulisan tersebut menandakan jarak Klaten-Jogja sejauh 30 kilometer.

Tugu KLAT 0 ini juga berada di jalur yang termasuk lambat, tingginya hampir satu meter atau kurang lebih 80 sentimeter dengan bentuk segitiga. Meski telah diberi cat berwarna kuning, putih dan cat hitam untuk tulisannya namun lokasi tugu tersebut juga cukup tersembunyi dan tidak mudah terlihat oleh para pengendara di jalanan sekitarnya.

Di dekat tugu juga terdapat cor berbentuk balok lengkap dengan tulisan BATAS KEMANDORAN. Meski begitu, sebagian besar masyarakat sekitar tidak mengetahui keberadaan tugu tersebut.
Tugu tersebut sudah sejak lama dibuat. Namun, tidak ada waktu pasti kapan pembuatan tugu nol kilometer Klaten itu dilakukan. Bahkan tak banyak pula yang mengetahui apa fungsi penentuan titik nol kilometer tersebut.

Fungsi utama dari titik nol kilometer pada umumnya yakni sebagai patokan permulaan ukuran jarak antar kota. Misalnya dari titik nol kilometer Klaten atau tugu KLAT 0 ke titik nol kilometer Jogja adalah 30 kilometer.

Berdasarkan ukuran tersebut, maka jarak antara Kabupaten Klaten ke kota Jogjakarta ialah 30 kilometer. Begitupun dengan jarak antara Klaten dan Solo. Meski jarang diketahui, fungsi dari titik nol kilometer rupanya banyak dibutuhkan, yakni sebagai titik mula pengukuran jarak antar kota.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baru Tahu, Titik Nol Km Klaten (KLAT 0), Ternyata... "

Posting Komentar